Selasa, 24 Februari 2009

SI BLACK: Mahalnya menjadi Katolik


Suatu hari Jeng Maria (JM) sedang curhat sama suaminya, Si BLACK (SB) yang baru pulang dari rapat di gereja. Ia mengeluh dan seringkali berpikir koq hidup menggereja ini rasa-rasanya semakin berat saja, tidak hanya ditutut untuk terlibat dalam kegiatan menggereja tetapi juga harus nyumbang ini itu - ini itu.
JM : Pakne!! Coba dech diitung-itung. Kita ini menjadi orang katolik koq makin susah aja ya!!
SB : Susah gimana to maksudmu ki, bune??
JM : Ya susah....coba dech dipikir...bapak wae nek rapat pulangnya malam-malam gini...lum sempat istirahat habis kerja tadi..bahkan seminggu bisa rapat berkali-kali di gereja lah, di wilayah lah di lingkungan lah..dimana-mana lah...ga ada waktu untuk keluarga..ner ga?
SB : ini khan pelayanan to, bune...Gusti yang bakal nyukupi koq. Mbok ya santai wae pikirane!!
JM : Santai gimana to pakne ki...lha ki wes pirang-pirang dino dianggurke gini loh...nek mbengi apa maneh yen udan...rasane adem...padahal yo duwe bojo...tapi koq ra digatekke....aku ki kangen......(ups...disensor!!!).
SB : Halah bune ki loh...
JM : lum lagi, pakne...yen dipikir-pikir, awake dewe ki ternyata akeh duwite loh nek dadi wong katolik..coba dietung, pakne. Berangkat ke gereja khan mbecak PP 10.000, durung tuku pepadhang nek hanya 500 khan yo ngisin-isini, pakne, jadi ya 1000. Kolekte..mosok yo mung 1000..mestine yo 5000 minimal. Wes piro kuwi pakne.
SB : Lha berapa bune...10.000+1000+5000= 16.000. Njur?
JM : Kuwi khan misa sekali doank to..lha nek sesasi berarti khan dikalikan empat to, pakne...berarti 64.000. coba bayangke??
SB : sik..sik..bune, tak bayangke dhisik...
JM : durung maneh...amplop persembahan 10.000, dadine 70.000 sesai kanggo greja. Lha iki mangsa prapaskah mestine yo ana amplop panitia paskah...lha yo sasi iki bisa-bisa habis 100.000 no pakne..
SB : Halah..bune ki loh, itungan banget...itu ga seberapa bune...dibanding dengan rahmat Tuhan yang kita terima. Seharusnya kita itu isin...nek baru segitu wae wez mengeluh dan mengeluh....bersyukur to bune..
JM : bersyukur gimana to pakne iki??
SB : mosok kanggo Gusti, kita mau etung-etungan??? Emang berani?? Kita ini harusnya bersyukur bune..bersyukur.Jeng Maria akhirnya diam..tidak tahu harus gimana lagi....di hatinya bertanya-tanya...bersyukur??? bersyukur?? Benarkah aku harus bersyukur???mengapa???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar