Minggu, 27 Desember 2009

IBADAT TAIZE UNTUK TAHUN BARU

I-B-A-D-A-T – T-A-I-Z-E
Menyambut Tahun Syukur 2010

“...... aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.” (Flp 1:6).

Died For Your Sins

[suasana awal yang perlu dijaga adalah hening, setiap umat yang datang perlu dibantu saat masuk ke ruang doa untuk hening dan mencari tempat duduk yang nyaman untuk berdoa. Dapat dibunyikan instrumen atau musik yang mendukung keheningan itu.]

PENGANTAR
Saudari-saudara terkasih, Tuhan sungguh mahabaik. Kita berkumpul bersama malam hari ini, dalam keheningan bersama Tuhan yang hadir menyertai kita dan diam di dalam hati kita. Ibadat Taize yang akan kita rayakan bersama ini merupakan salah satu doa meditatif (hening), dengan bernyanyi terus menerus tiada akhir, mengulangi setiap kata yang dilagukan dan meresapkannya dalam hati, sehingga lagu itu bergema di dalam hati kita dan hati kitalah yang akhirnya menyanyikan lagu itu. Ibadah Taize berlangsung dalam keheningan yang menyatukan hati kita di dalam Allah.

Marilah kita membuka pintu hati kita supaya Tuhan berkenan menyentuh dan masuk ke dalam kehidupan kita, mencurahkan kebaikan-kebaikan-Nya, seraya kita memuji nama-Nya yang pantas dipuji. Memuji Tuhan, Sang Sumber Kehidupan. Pujilah Tuhan, Pujilah nama-Nya. Pujilah Tuhan, sumber kehidupan.

OPENING 1a: Bless the Lord
Pujilah Tuhan, pujilah nama-Nya.
Pujilah Tuhan, sumber kehidupan.

OPENING 1b: Adoramus te Jesu Christe
Sembah bagi-Mu Yesus Kristus, Alleluia, Alleluia
Sembah bagi-Mu Yesus Kristus, Alleluia, Alleluia
Puji bagi-Mu Yesus Kristus
Puji bagi-Mu, Alleluia

Tuhan, Engkau kami puji dengan segenap hati, jiwa dan raga. Sungguh luar biasa kebaikan-Mu dalam hidup kami. Engkau bersabda, “apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”(Mat 21:22). Bimbinglah kami Tuhan, pada malam hari ini, kami hendak berdoa bersama-Mu. Seturut sabda-Mu, kami hendak berdoa dengan penuh kepercayaan, agar tahun baru yang akan segera kami lewati ini, sungguh menjadi tanda kebaikan-Mu kepada kami. Ya, Tuhan, kami hendak senantiasa berdoa bersama Engkau dan melewati hari-hariku di tahun yang baru ini, di dalam doa. Engkau bersabda, “tinggalah bersama Aku, di dalam doa, di dalam doa.”

OPENING 2: Bleibet Hier
Tinggalah bersama Aku di dalam doa, di dalam doa.


PENDARASAN MAZMUR [145]

[pendarasan mazmur bergantian antara umat di sebelah kanan dan kiri altar]
Reff. Tuhan itu amat baik kepada semua orang. 2x

Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja,
dan aku hendak memuji nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.
Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.
Besarlah TUHAN dan sangat terpuji, dan kebesaran-Nya tidak terduga.
Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.
Semarak kemuliaan-Mu yang agung dan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.
Kekuatan perbuatan-perbuatan-Mu yang dahsyat akan diumumkan mereka, dan kebesaran-Mu hendak kuceritakan.
Peringatan kepada besarnya kebajikan-Mu akan dimasyhurkan mereka, dan tentang keadilan-Mu mereka akan bersorak-sorai.
TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.
TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau.
Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu,
untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak kerajaan-Mu.
Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.
TUHAN itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.
Mata sekalian orang menantikan Engkau, dan Engkau pun memberi mereka makanan pada waktunya;
Engkau yang membuka tangan-Mu dan yang berkenan mengenyangkan segala yang hidup.
TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.
TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.
Ia melakukan kehendak orang-orang yang takut akan Dia, mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka.
TUHAN menjaga semua orang yang mengasihi-Nya, tetapi semua orang fasik akan dibinasakan-Nya.
Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada TUHAN dan biarlah segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus untuk seterusnya dan selamanya.
Kemuliaan kepada Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus
Seperti pada permulaan sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. amin

Reff. Tuhan itu amat baik kepada semua orang. 2x

DOA PEMBUKA
Allah Bapa, Tuhan yang Baik kepada semua orang. Kami, umat-Mu Paroki Santa Maria Kartasura mengucap syukur kepada-Mu, atas penyertaan-Mu yang berlimpah di dalam kehidupan Gereja-Mu ini, teristimewa dalam kehidupan kami masing-masing, keluarga dan karya kami, serta juga peziarahan Gereja-Mu di tahun 2009. Kami tetap memohon kepada-Mu, semoga di tahun yang baru ini, bersama dengan seluruh umat-Mu di keuskupan ini yang hendak menjadikan tahun ini menjadi tahun syukur. Semoga berkat bimbingan-Mu yang baik kepada semua orang, hidup kami pun senantiasa penuh syukur dan memancarkan kebaikan-Mu kepada siapapun gitu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. amin
UPACARA SABDA
BACAAN (Flp 1: 3 – 6)
P Marilah kita hening, dan mendengarkan apa yang dikehendaki Tuhan atas kita.
U Bersabdalah Tuhan, hamba-Mu mendengarkan.
P Biarlah Sabda-Mu tertanam di hatiku.
U Semoga sabda-Mu menemukan tanah yang subur di dalam aku.

“Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini. Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.”
LAGU TANGGAPAN
Tuhan itu pengasih, Tuhan itu penyayang
Panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya

[------------------------------hening--------------------------------]

DOA BERSAMA:
Meditasi “Salam Maria” di Hadapan Sakramen Mahakudus

P Oh Santa Perawan Tersuci, aku hendak menyambut Yesusmu. Aku berharap hatiku seperti hatimu ketika engkau menjadi Bunda Sang Juruselamat pada saat Kabar Sukacita dari Malaikat.
P Salam Maria
U Aku menyalami engkau, ya Bunda yang baik. Ijinkanlah aku mempersatukan diriku denganmu untuk bersembah sujud di hadapan Yesus. Sudi pinjamilah aku cinta kasihmu, perasaan-perasaanmu. Sesungguhnya, lebih dari itu aku mohon sudilah engkau bersujud atas namaku. Salam, wahai Tubuh Yesus yang sejati, yang dilahirkan oleh Perawan Maria! Aku percaya, dan aku menyembah-Mu.
P Penuh Rahmat
U Engkau, ya Maria, layak menyambut Allah yang Mahakudus, sebab engkau penuh rahmat sejak dari saat paling awal hidupmu. Tetapi, aku seorang pendosa yang malang. Kejahatanku menjadikanku tidak pantas menyambut Komuni. Ya Bundaku, selubungilah aku dengan jasa-jasamu dan hantarkanlah aku kepada Yesus.
P Tuhan Sertamu
U Tuhan Sertamu, ya Santa Perawan Tersuci. Dengan kerinduanmu yang berkobar-kobar engkau menarik-Nya turun dari surga masuk ke dalam hatimu. Tanamkanlah juga dalam hatiku suatu kerinduan yang berkobar-kobar dan suatu rasa lapar yang tak terpuaskan akan Yesus, hingga aku dapat dengan sungguh berkata, “Datanglah, ya Yesus-ku, aku merindukan-Mu dengan hati Maria, BundaMu dan Bundaku.”
P Terpujilah Engkau di Antara Wanita
U Terpujilah engkau, ya Maria, yang tiada pernah mengenal sesal yang berasal dari tindakan dosa; sebab engkau bebas dari segala macam dosa dan cela. Tetapi aku sadar bahwa aku telah berdosa, dan aku tidak yakin bahwa aku telah cukup menyesalinya. Tolonglah aku memahami kejahatan dosa-dosaku dan kerahiman ilahi yang telah aku hinakan. Aku menangisi dosa-dosaku. Sudi persembahkanlah tobatku itu kepada Yesusmu.
P Dan Terpujilah Buah Tubuhmu
U Bunda yang baik! Betapa suatu anugerah luar biasa yang telah engkau berikan kepada kami dengan memberikan Juruselamat kami, Yesus! Dan lihatlah, Ia hendak datang kepadaku untuk menjadikanku seorang anak terkasih yang istimewa bagi hatimu. Aku pergi dengan penuh kepercayaan menyambut-Nya, dan aku berkata kepada-Nya, “Yesus-ku, aku serahkan diriku ke dalam tangan-Mu. Datanglah untuk memberiku kekuatan agar dapat melayani-Mu dengan setia, dengan pengharapan boleh menikmati Engkau untuk selama-lamanya bersama BundaMu di Surga.”
P Yesus
U Sudi ijinkan aku, ya Bunda, mengalami perasaan-perasaan itu yang engkau alami sementara engkau tinggal bersama Yesus, semasa engkau memanggil-Nya dengan nama-Nya. Sekarang aku hendak menyambut-Nya. Ijinkanlah aku dapat mengatakan kepadanya, “Datanglah, ya Yesus-ku. Engkau akan mendapati dalam aku sambutan sama seperti yang Engkau dapatkan dari BundaMu di bumi. Aku berharap agar melalui perantaraan Bunda Maria, Engkau akan menyambutku ke dalam surga.”
P Santa Maria, Bunda Allah
U Oh Bundaku, betapa bahagia aku dipersatukan dengan Yesus-ku! Tetapi bagaimanakah aku layak mendapatkan Tuhan-ku turun untukku? O Maria, yang kudus dan tak bercela, sudi persembahkanlah kepada-Nya ucapan syukur yang pantas atas namaku.
Oh engkau yang pertama-tama merasakan detak jantung Yesus, yang sekarang aku sambut dalam diriku, engkau yang mengasihinya jauh melampaui segenap para kudus bersama-sama mengasihi-Nya, dan yang hidup bagi-Nya seorang semasa engkau di bumi, ijinkanlah aku sekarang ikut ambil bagian dalam perasaan-perasaan dan kasihmu.
Dan Engkau, ya Yesus, sudi terimalah kasih Bundamu seolah itu adalah kasihku dan janganlah menolak memberiku sekilas tatapan kasih sementara aku juga mengatakan kepada-Mu dengan segenap hatiku, “Aku mengasihi-Mu.”
P Doakanlah Kami yang Berdosa Ini
U Doakanlah aku, ya Maria. Saat ini, persatukanlah doa-doamu dengan doaku. Dan sekarang setelah Yesus datang ke dalam hatiku, siap memberiku segala rahmat, di atas segalanya aku rindu memohon kepada-Nya agar jangan pernah aku terpisah dari-Nya karena dosa. Dan engkau, ya Maria, sudi lindungilah aku dari yang jahat, dan jadilah tempat pengungsianku dalam pencobaan.
P Sekarang
U Dari sekarang dan sejak sekarang ini, Bunda terkasih, aku mohon segala rahmat yang berguna bagi jiwaku. Perolehkanlah bagiku rahmat ini: agar padaku dikenakan keutamaan-keutamaan dan kelemahlembutan dan agar hidupku murni tanpa cela.
P Dan Waktu Kami Mati
U Sejak dari sekarang doaku, ya Yesus, adalah kiranya aku boleh menyambut-Mu dengan pantas pada saat kematianku dan kiranya aku boleh menyongsong kematianku dengan kudus. Aku menerimanya, bilamana dan bagaimana Engkau akan mengirimkannya kepadaku - aku menyambutnya dalam persatuan dengan kurban-Mu yang digenapi di Salib. Aku menerimanya demi penyerahan diri sepenuhnya pada Kehendak Ilahi, demi kemuliaan Tuhan, demi keselamatanku, dan demi keselamatan jiwa-jiwa.
O Perawan yang Berduka, dampingilah aku sebagaimana engkau mendampingi Yesus di saat sakrat maut-Nya.
P Amin.
U “Terjadilah demikian.” O Yesus, inilah kata-kata yang ingin aku ulangi setiap saat, baik semasa mudaku maupun sepanjang hidupku. Kiranya terjadilah kehendak-Mu selalu. Segala penyelenggaraan-Mu adalah yang terbaik bagiku, dan sejak dari sekarang aku menerimanya dan menyampaikan ucapan syukurku. Amin.

Magnificat

Magnificat, magnificat, magnificat anima mea Dominum
Magnificat, magnificat, magnificat anima mea.


UPACARA CAHAYA
Tuhan, dalam Sakramen Mahakudus, Engkau hadir dalam tanda. Engkau telah menebus kami berkat kebaikan Allah Bapa, melalui sengsara, wafat dan kembangkitan-Mu serta kenaikan-Mu ke surga dan kedatangan-Mu dalam kemuliaan. Di dalam Sakramen Mahakudus kami mengakui, mengimani dan menyembah-Mu. Engkau menjadi cahaya bagi hidup kami, penerang bagi jalan kami. Engkau membebaskan aku dari kegelapan, Engkau cahaya hatiku, biarlah kusambut cinta-Mu. [lilin di sekitar sakramen mahakudus dan salib dinyalakan]

Jesus Your Light

Yesus Kristus, cahaya hatiku. Bebaskan aku dari Kegelapan
Yesus Kristus, cahaya hatiku, biarkan kusambut cinta-Mu.

Tuhan Yesus Kristus, nyalakanlah senantiasa dalam hatiku, cinta-Mu, supaya setiap kali kami mengalami kegelapan hidup, kami mengetahui kemana kami harus melangkahkan kaki dan mengarahkan pandangan kami. Melalui salib dan kebangkitan-Mu, Engkau telah menyalakan api cinta-Mu bagi kami. Dalam kegelapan, Engkau nyalakan api yang abadi.

Dans Nos Obscurites

Dalam kegelapan, Engkau nyalakan api yang abadi.
Dalam kegelapan, Engkau nyalakan api yang abdi, api abadi.

Oleh karena itu, Ya Yesus yang hadir dalam Sakramen Mahakudus, sinar kasih-Mu mendamaikan kami. Cahaya-Mu menenteramkan jiwa dan hati kami. Terang-Mu membuka pintu kasih dalam perbuatan-perbuatan kami. Penuhilah kami, ya Tuhan dengan damai-Mu, penuhi kami, ya Tuhan.

Confitemini Domino

Penuhi kami ya Tuhan, dengan damai-Mu
Penuhi kami ya Tuhan, Alleluia!

DOA PERMOHONAN
Tuhan kami yakin dan sungguh percaya, Engkau senantiasa memenuhi kami dengan kedamaian. Di dalam rahmat-Mu itu, kami melangkah di tahun yang baru ini. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, bersama santa Maria, bunda pelindung Gereja kami, hadirlah di sini, dengarkanlah doaku ini.

O Lord, hear my Pray’r
[dalam lagu ini, selang-seling antara lagu dan doa umat/ujub-ujub umat.]

Tuhan dengarlah doaku ini, hadirlah di sini.
Tuhan dengarlah doaku ini, dengarkanlah aku

PENCIUMAN SALIB
[dalam kesempatan ini, setelah doa umat. Umat yang hadir diberi kesempatan untuk menghaturkan doa-doa pribadi di hadapan Sakramen Mahakudus dan penghormatan kepada salib Tuhan, sumber penyelamatan dan berkat.]

Jesus Remember Me

Yesus ingat aku, saat Kau masuk k’rajaan-Mu.
Yesus ingat aku, saat Kau masuk k’rajaan-Mu.

Crucem Tuam

Kami menyembah salib-Mu, ya Tuhan
Karna kebangkitan suci, kami memuji-Mu
Pujian dan kemuliaan.
Karna kebangkitan suci, kami memuji-Mu.

Adoramus te Christe

Sembah bagi-Mu Kristus, terpujilah nama-Mu
Dengan salib suci-Mu Kaubebaskan kami.
Dengan salib suci-Mu, Kaubebaskan kami.

Saudara-saudari terkasih, Tuhan yang tersalib adalah Dia yang diutus Bapa. Dia yang mahabaik bagi kita. Di dalam Dia, segala berkat melimpah. Di dalam Dia, iman harapan dan kasih kita subur dan menjadi nyata. Tuhanlah sumber iman bagi kita. Tuhanlah sumber pengharapan.

Bonum est Confidere

Tuhanlah sumber iman bagi kita.
Tuhanlah sumber pengharapan.

"Tuhan, ajarlah kami berdoa...Tuhan, ajarilah kami berdoa...” Tuhan Yesus mengajari murid-murid yang dikasihi-Nya bagaimana berdoa, "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.” (Luk 11:1-2) Maka, marilah kita satukan seluruh ungkapan syukur, pujian, doa permohonan dan pengharapan kita, dengan doa yang diajarkan-Nya tersebut. [selama lagu dinyanyikan, pemimpin mendaraskan doa Bapa Kami].

Pater Noster

Pater noster qui es in coelis.

UPACARA PENUTUP
Marilah berdoa,
Allah Tuhan kami yang mahabaik, kami bersyukur kepada-Mu karena kasih-Mu kami boleh mengalami kedamaian yang membawa pengharapan. Semoga di tahun yang baru ini, bersama santa Maria, bunda Allah dan, bunda kami, kami senantiasa dikobarkan cintakasih kami untuk secara nyata dalam perbuatan dan sikap hidup kami, mewujudkan habitus baru dan kebaikan-kebaikan kepada semua ciptaan-M: kepada keluarga, kepada lingkungan dan masyarakat, juga kepada alam ciptaan-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. amin.

[adorasi dapat ditutup dengan berkat sakramen mahakudus, lalu sakramen di kembalikan ke tabernakel.]

El Senyor

Dalam Tuhan aku bersyukur dengan lagu pujian.
Tuhanlah penyelamatku, dalam Dialah sukacita.
Dalam Dialah sukacita.

Jubilate Deo

Jubilate Deo omnis terra
Servite domino in laetitia
Alleluia alleluia in laetitia
Alleluia alleluia in laetitia

Ndherek Dewi Mariah

Ndherek dewi Mariyah temtu geng kang manah.
Boten yen kuwatosa Ibu njangkung tansah.
Kanjeng ratu ing swarga amba sumarah samya.—Reff.

Nadyan manah getera dipun godha setan.
Nanging batos engetnya wonten pitulungan.
Wit Sang Putri Mariyah mangsa tega anilar—Reff.

Menggah saking apesnya ngantos kelu setan.
Boten yen ta ngantosa klantur babar pisan.
Ugeripun nyenyuwun Ibu tansah tetulung.—Reff.

Reff. Sang Dewi, sang Dewi mangestonana.
Sang Dewi, sang Dewi mangestonana.


Unduh di sini untuk versi pdf-nya:


1 komentar:

  1. Makasih Pak... sungguh membahagiakan postingan Anda memenuhi apa yang aku cari selama ini. Salam kenal dan semoga GUsti Yesus selalu menyertai karya dan hidup Anda selamanya. Amin.

    BalasHapus