Minggu, 27 Desember 2009

FREE DOWNLOAD NYANYIAN GREGORIAN

Nama gregorian mengingatkan gereja akan uskup Gregorius Agung dari Roma abad ke-6, walaupun bukan ia yang menciptakan nyanyian gregorian. Ia mempunyai andil besar dalam menetapkan nyanyian gereja sebagai nyanyian liturgi yang agung. Tetapi nyanyiannya berkembang antara abad ke-6 dan ke-9, setelah ia mangkat. Terutama dalam surat kepada Abas Honoratus dari Paus Leo IV (847-855) muncul istilah carmen gregorianum, nyanyian gregorian.

Walaupun syair dalam gregorian lebih dipentingkan daripada melodi atau lagu, tetapi melodi gregorian pun penting dan bernilai seni tinggi. Syair gregorian berasal dari Alkitab dengan struktur puisi Ibrani. Sedangkan lagu gregorian berakar pada tradisi Yahudi dan digunakan oleh jemaat mula-mula.Keduanya: syair dan lagu dalam gregorian, menjadi satu kesatuan.

Nyanyian gregorian dikenal dengan istilah plainsong, yakni bertutur dengan cara melantunkan atau meruminasikan tanpa iringan alat musik. Berbicara dengan cara bernyanyi. Garis bar, birama, dan metronom tidak terlalu dipentingkan. Aksentuasi dilakukan sesuai dengan aksentuasi bahasa Latin.
Sebuah contoh nyanyian gregorian dari Lux et Origo 82 di bawah ini. Lagu dimulai dengan nada la dan berakhir dengan nada re.

Irama cepat, pendek, tinggi, bertekanan, dan kuat, disebut arsis. Arsis atau percepatan, biasanya digunakan pada awal kalimat lagu atau hendak menuju puncak nada. Irama lambat, pelepasan, panjang, pengendoran, dan lemah, disebut tesis. Biasanya digunakan pada akhir kalimat lagu atau hendak menuruni puncak nada. Jadi, gregorian mengikuti irama naik atau turun, bukan birama. Irama merupakan suatu prinsip gerakan melodis yang penuh kehidupan, penuh dinamikan, penuh variasi. Bukankah nyanyian gregorian menyimbolkan kehidupan manusia secara normal? Seandainya semua orang Kristen masa kini kembali menyanyikan nyanyian gregorian sebagaimana jenis nyanyian jemaat yang lain, maka suasana kehidupan kembali muncul di dalam gereja. Anda menginginkan lagu-lagu gregorian sepanjang tahun liturgi? Silahkan klik link di sini:

1.nyanyian gregrorian sepanjang tahun.

2.nyanyian ordinarium gregorian.

3.nyanyian gregorian lainnya.

atau juga:

1.Kyrie Eleison.

2.Nothing Else.

3.Still Im Sad.

4. Dont Give Up.

5. Vienna.

6. Losing My Religious.

7. Gregorian.

5 komentar:

  1. thank's om..nambah wawasan nih...Jbu

    BalasHapus
  2. uuppss...sory,,maksud saya thanks yaa Romo atas artikelx, nambah wawasan nihh buat aq..

    BalasHapus
  3. Trima kasih infonya, oke banget Romo. dari Malang

    BalasHapus
  4. Romo, kok gak bisa diklik ya, link-nya?
    Salam, Andika HG

    BalasHapus
  5. link-nya mana yaa??!

    BalasHapus