Minggu, 05 April 2009

Hati Yang Lemah Lembut

Lama Si BLACK (SB) tidak memunculkan batang hidungnya. Teryata teman-temannya sudah banyak yang kangen akan kehadirannya. JENG MARIA (JM) sendiri juga rindu berat untuk bertemu kembali dengan dia. Pada Perayaan Paskah tahun ini ternyata Si BLACK mudik alias pulang kampung.
JM : Wah, BLACK, ketemu lagi neh. Pa kabarnya? Eh, selamat Paskah ya. Meriah juga ta di ndeso-mu paskahannya?
SB : tengkyu, Jeng! Yach...lumayanlah, indah! Aku dapat merayakan paskah tahun ini dengan keluargaku. Kami ke gereja bersama dan lebih dari itu, kami saling berdamai untuk bangkit membangun keluarga yang sungguh katolik.
JM : syukurlah, BLACK. Nah gitu itu seharusnya keluarga katolik. Aku turut gembira karena keluargamu udah rukun kembali mulai paskah ini. Ga kayak kemarin-kemarin marahan terus dan masing-masing egois pengin menang sendiri, iri, dendam dan lain sebagainya. Keluarga Katolik koq kayak neraka.
SB : Iya, Jeng. Bagiku ini berkah Paskah yang istimewa.
JM : tapi, ngomong-omong koq kamu sekarang keliatan gendut gitu. Weitz..pundakmu sekarang terasa atos (keras) gini..ughhh...palagi pinggangmu tuch...juga perutmu. Terasa atos banget (sambil jeng Maria memegangi pundak, kemudian pinggang dan perut si BLACK).
SB : ah, Jeng Maria ini loh. Menggoda ya? Jangan salah, Jeng. Makin ke bawah..nek makin atos makin berbahaya loh jeng!!
JM : maksud loe!!BLACK????? (disensor!)
SB : gini loh, jeng maksudku..kalo orang itu atos perilakunya khan berbahaya to Jeng. Juga nek kepribadiaannya atos, hatinya atos, kata-katanya atos khan bisa memicu masalah atau kekacauan. Minimal ra penak nek dijak omongan gitu.
JM : Oh...itu ta BLACK maksudmu, kirain......
SB : Kirain apa jeng....ups!! ingat jeng ni paskah-paskah!!!! Lha wong baru saja ngaku dosa koq meh buat dosa lagi dengan omongan yang saru!! Hayo...ati-ati loh jeng.
JM : Iya, BLACK..maap-maap!! Lha mung guyon koq BLACK!!
SB : Weitz...jangan salah, jeng. Setan bisa memulai dosa dari mung sekedar guyonan loh. Ati-ati, jangan pernah memberi kesempatan pada setan!
JM : wah, nek gitu mending ga usah ngaku dosa, BLACK..ben dadi wong atos sisan.
SB : Yo jangan gitu Jeng. Orang katolik yang sejati kuwi ya kudune ngaku dosa untuk melebur dosa-dosa gitu, ben atine resik maning. Nek dalam istilah kitab suci, wong sing seneng ngaku dosa kuwi = wong sing wiz ra doyan ampas tahu alias pakan babi.
JM : berarti wong sing ra ngaku dosa kuwi jenenge wong sing sih seneng makan ampas babi gitu to BLACK. Lha koq bisa??
SB : bisa aja!! Baca Lukas 15:11-16. Berarti orang itu kayak anak bungsu itu yang belum mau bertobat, belum mau kembali ke rumah bapakne...sehingga yo masih maem ampas babi. Ner khan, Jeng??
JM : Wah, ner banget tuch, BLACK. Berarti kita ini harus selalu bertobat ya supaya hati kita dijadikan lemah lembut seperti hati Yesus sendiri. Tidak malah sebaliknya atos sakabeh-kabehe.
SB : Siiiip, Jeng. Emang harus gitu. Apalagi kita wong katolik..harus senantiasa bertobat dan kembali ke rumah Bapa, setia pada janji baptis kita, mewujudkan cintakasihNya.............sampai akhir.
JM : Setuju, BLACK. Mudah-mudahan umat kita juga setia menjadi eL-PeKa (laskar pembela Kristus), menjadi cahaya bagi dunia, mewujudkan janji baptis kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar